Selasa, 08 Januari 2013



LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT LAPORAN TAHUNAN DENGAN MICROSOFT EXCEL
1.      Buka Microsoft excel terlebih dahulu.
2.      Buat beberapa sheet sebanyak yang Anda butuhkan. Kemudian ganti nama sheet tersebut.
3.      Pada sheet 1, rename sheet menjadi DATA. Pada sheet ini, ditempatkan berbagai data yang nantinya akan anda perlukan pada sheet berikutnya.
4.      Buatlah judul laporan anda
5.      Pada judul, ubahlah name box menjadi judul. 
6.      Ubahlah name box untuk semua data yang akan anda panggil dalam laporan.
7.      Pada sheet selanjutnya, buatlah judul laporan dengan rumus yang sesuai.
8.      Kata yang terdapat sesudah dan sebelum ‘ &” ‘ merupakan nama yang telah diubah pada name box di sheet DATA.
9.      Masukkan data yang akan diolah pada excel.
1.      Pada kolom Pencapaian Penimbangan masukkan formula
=[range]/[range]%
1-     Pada kolom pembinaan masukkan formula 
       =if(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
1-  Pada jumlah di bagian bawah kolom Hasil Penimbangan masukkan formula 
      =sum(number1,[number2], ...)
1- Pada bagian bawah kolom Pencapaian Penimbangan masukkan formula 
     =average(number1,[number2], …)
1-   Pada bagian bawah kolom Pembinaan masukkan formula
=countif(range, kriteria)
1-   Tambahkan format seperti format pada laporan pada bagian akhir lembar kerja.
1-  Lampirkan grafik pada data dengan cara memblok data pada tabel yang ingin dijadikan grafik.
1-   Pada triwulan 1 data-data yang terdapat pada bulan januari (sheet1), februari (sheet2), dan maret (sheet3) di rata-ratakan dengan memanggil data pada sheet tersebut dan seterusnya.
1- Pada semester 1 data yang terdapat di dalamnya merupakan rata-rata dari TWI dan TW2 dengan cara yang sama yaitu memanggil data pada sheet yang bersangkutan. 
- --  Pada tahunan  data yang terdapat di dalamnya merupakan rata-rata dari sm1 dan sm2 dengan cara yang sama yaitu memanggil data pada sheet yang bersangkutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar